logo mahkamah agung website ramah difable


SIDANG LUAR BIASA

Semarang, 28 Agustus 2018. Bertempat di Ruang Sidang Cakra Pengadilan Tinggi Jawa Tengah dilaksanakan Sidang Luar Biasa Pengambilan Sumpah, Pelantikan dan Serah Terima Jabatan Ketua Pegadilan Negeri Pekalongan, Ketua Pengadilan Negeri Purwokerto, Ketua Pengadilan Negeri Mungkid dan Ketua Pengadilan Negeri Banjarnegara. Acara ini dipimpin oleh Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Tengah, Bapak Dr. Nommy HT. Siahaan, S.H., M.H.. Pejabat yang diambil sumpah dan dilantik adalah:

  1. Bapak Dewa Ketut Kartana, S.H., M.Hum., sebelumnya menjabat Wakil Ketua Pengadilan Negeri Depok dilantik menjadi Ketua Pengadilan Negeri Pekalongan menggantikan Bapak Sarwono, S.H., M.Hum yang mendapat promosi menjadi Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara.
  2. Bapak Victor Togi Rumahorbo, S.H., M.H., sebelumnya menjabat Wakil Ketua Pengadilan Negeri Purwokerto dilantik menjadi Ketua Pengadilan Negeri Purwokerto menggantikan Bapak Purwanto, S.H., M.H. yang mendapat promosi menjadi Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.
  3. Bapak M. Buchary Kurniata Tampubolon, S.H., M.H., yang sebelumnya menjabat Wakil Ketua Pengadilan Negeri Wonosobo dilantik menjadi Ketua Pengadilan Negeri Mungkid.
  4. Bapak Rudito Surotomo, S.H., M.H., yang sebelumnya menjabat Ketua Pengadilan Negeri Mandailing Natal dilantik menjadi Ketua Pengadilan Negeri Banjarnegara menggantikan Bapak Akhmad Fazrinnoor S. Dewantoro, S.H., M.H yang mendapat promosi menjadi Wakil Ketua Pengadilan Negeri Gianyar.

Acara ini berlangsung pukul 10.00 WIB sampai dengan selesai dan berlangsung dengan khidmat. Dalam sambutannya, Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Tengah, Bapak Dr. Nommy HT. Siahaan, S.H., M.H. menyampaikan hal-hal sebagai berikut:
Bapak dan Ibu barusan kita saksikan pengambilan sumpah dan serah terima 4 Ketua Pengadilan Negeri yang berlangsung dengan baik. Dengan dilantiknya 4 Ketua Pengadilan Negeri maka sudah sebagian besar dari Ketua Pengadilan Negeri yang kosong sudah diisi dan ada beberapa jabatan Ketua Pengadilan Negeri yang belum terisi dan mudah-mudahan dalam waktu yang tidak terlalu lama akan dilaksanakan pelantikan.
Pertama-tama saya ucapkan selamat kepada Ketua Pengadilan Negeri yang telah dilantik dan telah melaksanakan serah terima. Kepada Ketua Pengadilan Negeri atau pejabat lama, Bapak Sarwono, S.H., M.Hum (sebelumnya menjabat Ketua PN Pekalongan), Bapak Purwanto, S.H., M.H., (Sebelumnya menjabat Ketua PN Purwokerto), Bapak Akhmad Fazrinnoor S. Dewantoro, S.H., M.H (sebelumnya menjabat Ketua PN Banjarnegara) dan Bapak Masduki, S.H. (Sebelumnya menjabat Wakil Ketua Pengadilan Negeri Mungkid yang mendapat promosi menjadi Ketua PN Sorong) dengan ini saya sampaikan terima kasih atas pengabdian pelaksanaan dari tugas-tugas sebagai Ketua Pengadilan Negeri dilingkungan masing-masing dan kami apresiasi semua tugas dan jabatan yang telah berjalan dengan baik. Semua Pengadilan telah mendapatkan prestasi dengan baik yaitu dengan telah diakreditasi A (Excelent) karena itu sekali lagi kami ucapkan terima kasih. Saya ucapkan selamat kepada pejabat lama karena mendapatkan tingkatan karier yang lebih baik  yaitu Bapak Purwanto, S.H., M.H. sebagai Hakim PN Jakarta Pusat, Bapak Sarwono, S.H., M.Hum. sebagai Hakim PN Jakarta Utara, Bapak Akhmad Fazrinnoor S. Dewantoro, S.H., M.H sebagai Wakil Ketua PN Gianyar dan Wakil Ketua PN Mungkid, Bapak Masduki, S.H. sebagai Ketua PN Sorong. Promosi tersebut diberikan antara lain karena di Pengadilan Negeri yang Saudara pimpin mendapatkan nilai akreditasi A (Excelent). Semoga karier yang didapatkan dapat dilaksanakan sebaik-baiknya dan dapat mendapatkan karier yang lebih tinggi lagi.
Untuk pejabat yang baru dilantik, pertama saya harapkan saudara dapat meneruskan apa yang telah dicapai (Ketua PN yang lama). Saya harapkan Saudara sukses dan bahkan lebih sukses. Seperti yang kita ketahui semua PN sudah mencapai tingkat manajemen yang baik dalam proses akreditasi, karena itu Saudara tidak perlu bersusah-sudah. Pelayanan peradilan sudah dialkukan oleh Ketua Pengadilan Negeri yang lama, yang Saudara harus lakukan adalah satu (1) mempertahankan prestasi (nilai akreditasi jangan sampai turun), dua (2) Meningkatkan situasi kondisi dan kualitas dengan membuat kebijakan-kebijakan yang dapat menigkatkan kualitas pelayanan Peradilan. Saya minta tetap meningkatkan kerjasama, baik kerjasama Horizontal maupun kerjasama Vertikal. 
Bapak dan Ibu, kebijakan terbaru adalah adanya e-court, walaupun itu belum diterapkan dan akan diterapkan dalam waktu dekat. Saya minta untuk segera menerapkan Perma 03 Tahun 2016 (e-court) dengan baik. Pertama dengan melakukan verifikasi advokat dan melakukan registrasi serta membuat akun-akun dalam kaitannya dengan e-court. Dilaksanakan sebagik-baiknya dan dilaporkan ke Pengadilan Tinggi supaya dapat kita pantau progres-progresnya. Apabila ada masalah agar dilaporkan ke Pengadilan Tinggi dan Pengadilan Tinggi akan segera melaporkan ke MA. Saya minta untuk bekerja keras dalam pelaksanaan Perma No. 3 Tahun 2016 karena ini adalah pelayanan yang efektif untuk mewujudkan pelayanan yang murah dan cepat.

Sumber: http://pt-semarang.go.id/main/index.php/tentang-pengadilan/kegiatan-pengadilan/2118-sidang-luar-biasa-pengambilan-sumpah-pelantikan-dan-serah-terima-jabatan-kpn-pekalongan-kpn-purwokerto-kpn-mungkid-dan-kpn-banjarnegara